07 Mei 2020 14:30 wib

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Ekonomi Syariah (HES) UIN SU menghelat Bicara Online Asik (Biola) dengan tema “Persiapan Matang Menerima Beasiswa BAZNAS” yang bekerja sama dengan BCB UIN SU. Diskusi ini berlangsung pada 4-5 Mei 2020 via grup WhatsApp, Selasa (5/5).

Kegiatan Biola menghadirkan Dewi Cahyani Lubis dan Siti Hartati yang merupakan mahasiswi penerima beasiswa BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) tahun 2018-2020 sebagai pemateri. Siti Hartati menjelaskan seputar persyaratan dan panduan untuk mendapatkan beasiswa. “Untuk mendapatkan peluang beasiswa ini, akreditasi jurusan dan akreditasi kampus minimal B, dan yang perlu dipahami adalah pertanyaan saat mengisi formulir. Beasiswa BAZNAS tahun ini dapat diikuti mahasiswa/i semester IV saja,” jelasnya.

Hartati menambahkan, penerima beasiswa BAZNAS ini juga akan mendapatkan pembinaan potensi dan keahlian. “Penerima beasiswa akan mendapatkan pembinaan langsung dari lembaga beasiswa baznas yang kemudian diarahkan sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing yang bertujuan untuk mengenali potensi dan keahlian dalam diri. Tentunya ini sangat menguntungkan untuk mengambil langkah selanjutnya setelah lulus wisuda harus bagaimana dan kerja apa,” tambahnya.

Lewat kegiatan ini, Salim Abdurrahman selaku Ketua HMJ HES berharap dengan adanya Biola, mahasiswa UIN SU mudah menyelesaikan proses demi proses pendaftaran.  “Bicara online ini diadakan agar mempermudah proses mahasiswa UIN SU untuk mendapatkan beasiswa baznas dengan lancar karena beberapa mahasiswa mendapati beberapa keluhan dalam proses pendaftaran dan persyaratan,” jelasnya.

Ainun Mardiyah salah satu peserta menuturkan, Biola memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan informasi hingga membuatnya langsung menyiapkan berkas. “Saya sudah lama mengincar beasiswa ini, dan begitu buka pendaftaran saya langsung mempersiapkan berkas yang menjadi persyaratan beasiswa BAZNAS ini, dan dengan diadakannya Biola ini memudahkan mahasiswa agar mendapatkan informasi lebih tentang beasiswa BAZNAS ini,” tuturnya.